serunya rafting di citarik sukabumi

serunya rafting di citarik sukabumi – Kota Sukabumi selain terkenal dengan wisata alam seperti pelabuhan ratu, juga populer dengan wisata arung jeram nya. Salah satu sungai yang sering digunakan untuk berarung jeram tersebut ialah sungai citarik. Sungai ini menyimpan keindahan yang luar biasa. Kolaborasi antara tebing yang gagah menjulang, pepohonan di pinggir sungai, arus yang bergelombang, dan “mulusnya” bebatuan, menyatu menciptakan keindahan tersebut. Semua keindahan sungai citarik tersebut di maksimalkan dengan baik oleh pengelola arung jeram terkenal di daerah tersebut, Arus Liar.

Arus Liar yang terletak sekitar 30 KM arah selatan Sukabumi dan tak jauh dari pusat kota Pelabuhan Ratu dapat dicapai melalui tol jagorawi ke arah Ciawi-Sukabumi kemudian melewati pasar Cicurug, terminal Parung Kuda, dan belok ke arah jalan raya Cikidang. Setelah menemukan Cikidang, aktivitas selanjutnya dalam mencapai Arus Liar akan sangat mudah, yaitu dengan melaju lurus mengikuti jalan utama sampai menemukan billboard “Arus Liar”. Dalam perjalanan menuju tempat wisata, anda akan di suguhi pemandangan yang menyejukkan mata. Pohon-pohon besar di pinggiran jalan, bunga-bunga beserta kebun warga yang bersebelahan satu dan lainnya seolah melupakan buruk dan terjalnya jalanan menuju tempat wisata. Selain banyak tikungan tajam, jalan menuju Arus Liar pun tidak lebar, padahal jalan di lalui oleh dua arah. Tidak terburu-buru dan berkendara dengan hati-hati akan sangat membantu dalam mengurangi risiko mengalami kecelakaan.

Setelah melewati wisata Kaki Gunung, maka hanya 50 meter dari sana adalah tempat yang dituju, Arus Liar. Sesampainya disana, akan di sambut oleh para instruktur arung jeram yang sangat ramah. Lahan parkir cukup luas, kendaraan pun terjamin keamanannya. Selanjutnya sambil menghirup udara segar disana, anda akan dipandu menuju ke tempat reservasi untuk melunasi perihal administrasi, kemudian mengisi form asuransi jiwa untuk mengantisipasi jika sesuatu hal buruk menimpa kita saat ber-arung jeram.

arung jeram

Selanjutnya menuju ke tempat perlengkapan rafting seperti dayung, pelindung kepala (helmet), dan pelampung. Arus Liar pun menyediakan dry bag untuk menyimpan peralatan yang akan dibawa saat ber-arung jeram.  Jika anda mengambil paket rafting sejauh 4 KM, maka starting point raftingadalah di tempat menggunakan perlengkapan rafting. Namun jika mengambil paket rafting 8 KM (two hours rafting), maka starting point lebih jauh lagi. Sebuah truk digunakan untuk membawa ke starting point.
Perahu atau boat bisa diisi oleh 5-6 orang (tidak termasuk instruktur). Sebelum meluncur diberikan pengarahan oleh instruktur, antara lain bagaimana menghindari bebatuan jika kita terjatuh, cara menyelamatkan teman kita yang terjatuh, dan terakhir ialah diberikan beberapa perintah seperti dayung kanan, mundur, stop, pindah kiri/kanan, dan boom yang mengharuskan kita untuk menunduk jika ada pohon melintang atau benda yang membahayakan dihadapan kita.
Setelah selesai semuanya barulah anda bisa langsung meluncur dan menikmati serunya arung jeram di citarik, jika anda pertama kalinya pasti anda akan ketagihan, Jika didepan terdapat bebatuan yang besar dan arusnya cukup kuat, kami diperintahkan untuk mendayung lebih kencang sehingga boat akan terbawa arus dengan lancar. Jika sedikit saja instruktur salah memberikan perintah, makaboat bisa saja tersangkut di atas bebatuan, Jika sudah begitu, maka boat yang tumpangi akan berhenti sejenak menunggu boat yang tersangkut tersebut terbebas lagi. Karena dalam satu kloter, jarak antara satu boat dengan yang lainnya tidak akan terlalu jauh atau akan saling beriringan. Hal ini di maksudkan supaya jika terjadi masalah di salah satu boat, maka boat yang berada didekatnya bisa memberikan bantuan, karena di salah satu boat terdapat satu orang petugas medik.
Setelah itu anda akan sampai di tempat peristirahatan dan disitulah tempat terakhirnya,,

Advertisements
This entry was posted in Wisata Arung Jeram. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s